Polling

Makanan Khas Desa Subang Yang Paling Anda Sukai?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 733
Pengunjung Bulan ini : 1203
Total Pengunjung : 18527

Pengelolaan Air Bersih Pedesaan ( Desa Subang )

Tanggal : 25 Nov 2016 21:49 Wib



Air merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia, karena air merupakan gizi makro yang sangat penting. Air berfungsi sebagai sumber asupan mineral, mengatur suhu tubuh, pembentuk cairan darah, pembentuk sel, dan melancarkan pencernaan.

Air bersih adalah salah satu jenis sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari termasuk untuk konsumsi air minum.

Namun kenyataan kelangkaan air bersih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia khususnya di daerah pedesaan yang tidak terjangkau layanan PDAM. Ada sejumlah faktor penyebap mengapa sampai sejumlah desa atau kampung mengalami kelangkaan air, misalnya: sumber air yang jauh dari pemukiman penduduk, kemarau yang berkepanjangan, atau juga karena faktor topografi dimana sumber air berada dalam gua perbukitan yang elevasinya lebih rendah dari pemukiman penduduk (daerah pelayanan) sehingga air tidak bisa dialirkan secara gravitasi, dll.

Air Bersih Pedesaan merupakan salah satu unit usaha milik Desa Subang yang dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa), yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat Desa Subang.
Air Bersih Pedesaan Desa Subang yang dikelola oleh Bumdes bersumber dari dua sumber mata air.

1. Mata Air Cisurian

Air Bersih Pedesaan yang berasal dari sumber mata air Cisurian dimulai pada tahun 2010.
Dari sumber mata air Cisurian di distribusikan ke tiga Dusun, diantaranya Dusun Kaliwon, Dusun Manis (Bulakcaringin, Burujul, Doyong, Sukasari) dan Dusun Pahing (Jati).

2. Mata Air Madati

Dari sumber mata air Madati, mulai di resmikan pada awal tahun 2015. Dari sumber mata air ini didistribusikan ke Dusun Tarikolot.

Mengingat kebutuhan akan air bersih sangat besar, maka dengan adanya sumber air bersih dapat memenuhi kebutuhan air minum dll, serta memberikan manfaat untuk kesehatan. Umumnya, masyarakat Desa Subang masih bisa menggunakan mata air yang jernih untuk dimanfaatkan sebagai sumber air demi memenuhi kebutuhan hidup.

Sumber : http://desasubangkuningan.com/?p=349


Kegiatan Desa Lainnya

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Subang Tahun 2017

Tanggal : 14 Jul 2017 07:45 Wib

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Subang Tahun 2017

Rencana Pemerintah Desa Subang Dalam Pengembangan Objek Wisata Cipanas

Tanggal : 29 Mar 2017 09:45 Wib

Pada hari minggu 19 maret 2017 telah dilaksanakan pengukuran untuk pembuatan jalan baru menuju objek wisata dan pemandian air panas oleh tim pelaksana kegiatan yang terdiri dari unsur pemerintah desa…

Wanpala Jilid 6. Expedisi Curug parakan Panjang Subang Kuningan

Tanggal : 27 Mar 2017 23:38 Wib

Parakan Panjang, begitulah warga desa Subang menamai objek wisata ini. Parakan panjang berupa air terjun setinggi kurang lebih 15 meter yang bentuknya berundak-undak. Memiliki kontur sungai yang datar tepat di…

Membangkitkan Kembali Sepak Bola Desa Subang

Tanggal : 27 Mar 2017 23:25 Wib

Terbukti saat itu banyak lahir talenta-talenta berbakat asal Desa Subang yang selalu rutin menyumbang prestasi di kejuaraan-kejuaraan antar Desa.

Penyerahan SPPT/PBB Desa Subang Tahun 2017 Kepada Pemungut (KADUS)

Tanggal : 28 Feb 2017 13:19 Wib

Pada hari jum’at 24 februari 2017 Pemerintah Desa Subang telah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) untuk seluruh masyarakat Desa Subang Wajib pajak.

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA code

No Comments Results.