Polling

Makanan Khas Desa Subang Yang Paling Anda Sukai?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 733
Pengunjung Bulan ini : 1203
Total Pengunjung : 18527

TRADISI BEAS PERELEK

Tanggal : 25 Nov 2016 22:01 Wib



Desa Subang mengeluarkan PERDES tentang swadaya dalam bentuk tabungan, tabungan tersebut bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentu beras.

Ketentuan dalam PERDES tersebut :

  1. Warga masyarakat Desa Subang, diwajibkan menyiapkan sebuah wadah / tempat di depan rumah masing – masing dengan di isi satu sendok makan beras setiap kali mau menanak nasi .
  2. Beras tersebut kemudian dikumpulkan oleh para ketua RT setempat dalam waktu satu minggu atau dua minggu sekali.
  3. Pengalokasian beras yang sudah di kumpulkan kemudian bisa dipergunakan untuk ketahanan pangan di Rt masing – masing dan bisa pula dialokasikan kepada warga yang sangat membutuhkan.
  4. Persentase pengalokasian beras perelek tersebut, ditentukan dengan rapat ketua Rt dan warga masyarakat yang lebih diutamakan untuk mengatasi kesulitan bahan pangan ketika menghadapi musim paceklik.
  5. Beras yang sudah di kumpilkan, bisa di uangkan atau di jual untuk mengatasi turunnya kwalitas beras tersebut. Hal tersebut untuk menghidari akibat terlalu lamanya beras tersebut disimpan.

Dengan adanya tradisi beas perelek, warga masyarakat Desa Subang merasa terbantu dan tradisi ini sudah berjalan sejak beberapa tahun yang lalu sampai sekarang masih berjalan.

Sumber : http://desasubangkuningan.com/?p=577


Kegiatan Desa Lainnya

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Subang Tahun 2017

Tanggal : 14 Jul 2017 07:45 Wib

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Subang Tahun 2017

Rencana Pemerintah Desa Subang Dalam Pengembangan Objek Wisata Cipanas

Tanggal : 29 Mar 2017 09:45 Wib

Pada hari minggu 19 maret 2017 telah dilaksanakan pengukuran untuk pembuatan jalan baru menuju objek wisata dan pemandian air panas oleh tim pelaksana kegiatan yang terdiri dari unsur pemerintah desa…

Wanpala Jilid 6. Expedisi Curug parakan Panjang Subang Kuningan

Tanggal : 27 Mar 2017 23:38 Wib

Parakan Panjang, begitulah warga desa Subang menamai objek wisata ini. Parakan panjang berupa air terjun setinggi kurang lebih 15 meter yang bentuknya berundak-undak. Memiliki kontur sungai yang datar tepat di…

Membangkitkan Kembali Sepak Bola Desa Subang

Tanggal : 27 Mar 2017 23:25 Wib

Terbukti saat itu banyak lahir talenta-talenta berbakat asal Desa Subang yang selalu rutin menyumbang prestasi di kejuaraan-kejuaraan antar Desa.

Penyerahan SPPT/PBB Desa Subang Tahun 2017 Kepada Pemungut (KADUS)

Tanggal : 28 Feb 2017 13:19 Wib

Pada hari jum’at 24 februari 2017 Pemerintah Desa Subang telah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) untuk seluruh masyarakat Desa Subang Wajib pajak.

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA code

No Comments Results.