Polling

Makanan Khas Desa Subang Yang Paling Anda Sukai?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 733
Pengunjung Bulan ini : 1203
Total Pengunjung : 18527

Upacara Sedekah Bumi

Tanggal : 26 Nov 2016 06:06 Wib



Pada hari selasa tanggal 26 april 2016, warga Dusun Tarikolot Desa Subang menggelar upacara Sedekah Bumi. Upacara sedekah bumi tersebut dilaksanakan di sawah Cinembung. Kepala Desa Subang Bapak Edo Sumarda dan Kaur Kesra Desa Subang Bapak Abdul Rosid pun hadir dalam acara tersebut. Warga beramai-ramai membuat seserahan serta tumpeng buah dan nasi sesuai tradisi. Sekitar pukul 08.00 WIB warga terlihat berduyun-duyun memenuhi kawasan sawah Cinembung. Warga yang didominasi para ibu-ibu ini membawa berbagai seserahan. Isinya berupa makanan siap santap, seperti nasi, lauk pauk, bahkan pisang ataupun buah-buahan untuk ditukar kepada seserahan warga lainnya. Menurut bapak Aridin selaku kepala dusun Tarikolot “Sedekah bumi adalah sebuah upacara yang dilaksanakan oleh masyarakat yang pelaksanaannya diikuti oleh seluruh warga dan setiap masing-masing orang membawa “berkat” atau nasi dengan lauk pauknya dari rumah. Kemudian warga berkumpul di suatu tempat.

Upacara Sedekah Bumi Dusun Kaliwon Desa Subang

Tujuan dari dilaksanakan upacara sedekah bumi supaya keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat menyertai seluruh warga dusun Tarikolot dan sekitarnya. Bapak Abdullah selaku sesepuh menuturkan bahwa Menurut kepercayaan orang Jawa Sedekah bumi harus dilakukan dengan tujuan untuk “menyelameti” atau “menyedekahi” sawah yang dimiliki, agar hasil pertanian melimpah, maka bumi yang mereka tanami tersebut harus diselameti agar tidak ada gangguan. “Karena, segala rezeki yang kita dapat itu tidak hanya berasal dari kita sendiri, melainkan lewat campur tangan Allah. Beliau juga mengajak warga untuk terus mendekatkan diri pada Allah, menurutnya, rezeki itu tidak semata uang, tapi juga kebahagiaan, kenyamanan dan keamanan berkehidupan dalam masyarakat..

Bersyukur kepada sang pencipta tentang apa yang telah di anugerahkan kepada seluruh umat manusia, Allah telah menciptakan bumi dengan segala isinya dan Allah juga yang telah menjaganya, dengan berbagai perubahan musim yang telah mempengaruhi siklus bumi agar seimbang dan berbagai fenomena Alam lain yang kadang manusia tak dapat menyadari bahwa semua itu menunjukkan kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Oleh karena itu, salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan bumi dengan segala isinya yaitu dengan melaksanakan ritual upacara sedekah bumi.

Sumber : www.desasubangkuningan.com


Kegiatan Desa Lainnya

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Subang Tahun 2017

Tanggal : 14 Jul 2017 07:45 Wib

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Subang Tahun 2017

Rencana Pemerintah Desa Subang Dalam Pengembangan Objek Wisata Cipanas

Tanggal : 29 Mar 2017 09:45 Wib

Pada hari minggu 19 maret 2017 telah dilaksanakan pengukuran untuk pembuatan jalan baru menuju objek wisata dan pemandian air panas oleh tim pelaksana kegiatan yang terdiri dari unsur pemerintah desa…

Wanpala Jilid 6. Expedisi Curug parakan Panjang Subang Kuningan

Tanggal : 27 Mar 2017 23:38 Wib

Parakan Panjang, begitulah warga desa Subang menamai objek wisata ini. Parakan panjang berupa air terjun setinggi kurang lebih 15 meter yang bentuknya berundak-undak. Memiliki kontur sungai yang datar tepat di…

Membangkitkan Kembali Sepak Bola Desa Subang

Tanggal : 27 Mar 2017 23:25 Wib

Terbukti saat itu banyak lahir talenta-talenta berbakat asal Desa Subang yang selalu rutin menyumbang prestasi di kejuaraan-kejuaraan antar Desa.

Penyerahan SPPT/PBB Desa Subang Tahun 2017 Kepada Pemungut (KADUS)

Tanggal : 28 Feb 2017 13:19 Wib

Pada hari jum’at 24 februari 2017 Pemerintah Desa Subang telah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) untuk seluruh masyarakat Desa Subang Wajib pajak.

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA code

No Comments Results.