Polling

Makanan Khas Desa Subang Yang Paling Anda Sukai?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 522
Pengunjung Bulan ini : 864
Total Pengunjung : 17687

Membangkitkan Kembali Sepak Bola Desa Subang

Tanggal : 27 Mar 2017 23:25 Wib



Sudah beberapa Minggu ini ada pemandangan yang berbeda di lapangan sepakbola Desa Subang Kuningan. Lapangan yang biasanya sunyi dan tidak terlihat adanya kegiatan sepakbola tersebut kini mulai bergeliat kembali.

Kini, setiap sore mulai terlihat kembali para remaja bermain sepakbola di lapangan kebanggaan masyarakat Desa Subang tersebut, walaupun dengan kondisi lapangan yang sangat jauh dari kata layak, anak-anak muda ini tetap antusias bermain di sana.

Harus diakui, sepakbola di Desa Subang mengalami kemunduran yang sangat jauh dibandingkan dengan era tahun 90an akhir. Disamping kondisi lapangan yang seadanya, di Desa Subang pun tidak ada sekolah sepakbola yang bisa mewadahi anak-anak untuk berlatih sepakbola.

Selain itu, ketiadaan kompetisi reguler di tingkat desa maupun kecamatan membuat sepakbola di Subang mati suri. Terbukti, kompetisi besar terakhir yang diselenggarakan di Desa Subang terjadi pada tahun 2000-an dimana digelar turnamen Wirananggapati Cup yang saat itu mendapat dukungan dana dari PSSI yang saat itu ketuanya tak lain dan tak bukan adalah salah satu sesepuh subang yaitu Bpk. Agum Gumelar.

Terbukti saat itu banyak lahir talenta-talenta berbakat asal Desa Subang yang selalu rutin menyumbang prestasi di kejuaraan-kejuaraan antar Desa. Di bawah asuhan pelatih Agus Sutrisno tim tersebut sering menjuarai turnamen-turnamen Tarkam. Pada era tersebut rutin diadakan turnamen antar blok yang disebut dengan PORGOL, lalu turnamen antar Desa, meningkat ke Kecamatan dan Kabupaten.

Namun semenjak 2005- sekarang, sepakbola di desa subang seakan tenggelam begitu saja. Fasilitas berupa lapangan sepakbola terbengkalai seperti tanah tak bertuan yang dipenuhi ilalang dan gulma yang lebih layak dijadikan tempat angon sapi. Bahkan lapangan yang sejatinya ditujukan untuk bermain sepakbola, dalam dua lebaran terakhir malah dijadikan arena Motocross oleh Karang Taruna Desa Subang akibat dari dibekukannya PSSI dan tidak adanya dukungan untuk menggelar turnamen sepakbola.

Renovasi minor memang telah dilakukan oleh pemerintah desa dengan membuat tribune tempat duduk sederhana di pinggir lapangan. Namun kontur tanah yang labil serta keterbatasan dana belum menyentuh kepada perbaikan yang paling vital yaitu perbaikan lapangannya.

Namun, di tengah keterbatasan yang sedemikian banyak, anak-anak subang tetap memiliki hasrat untuk bermain sepakbola. Terbukti saat ini dengan selalu ramainya lapangan setiap sore hari oleh remaja-remaja yang datang.

Hal inilah yang membuat adanya kepedulian dari beberapa anak muda Subang yang ingin mengajarkan sepakbola dengan lebih baik kepada anak-anak usia SD. Mereka ingin mengajarkan tentang cara mengoper, menendang, dan tehnik sepakbola yang benar kepada adik-adiknya.

Hal ini dilandasi oleh kepedulian mereka terhadap kampungnya yang ingin melihat adik-adiknya membawa harum nama subang di kancah sepakbola.

Jadwal latihan untuk anak-anak usia SD adalah hari Jumat pukul 13.00 dan Hari Minggu pukul 07.30. dua orang pelatih yaitu Andika Manggala dan Agus Suhendar yang menangani latihan para bibit-bibit sepakbola subang ini.

Dari program ini, mereka berdua berharap agar bisa menurunkan ilmu yang mereka miliki kepada adik-adiknya dan bisa membawa harum nama baik desa Subang dengan prestasi.

Untuk itu bagi orang tua dan saudara yang memiliki anak usia SD yang berminat belajar sepakbola bisa langsung mendaftarkan anaknya ke lapangan Subang pada waktu dan jadwal tersebut. Dan tidak dipungut biaya untuk saat ini. Daripada anak-anak kita bermain PS atau gadget terus, lebih baik kita arahkan untuk berolahraga.

Sumber : www.desasubangkuningan.com


Kegiatan Desa Lainnya

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Subang Tahun 2017

Tanggal : 14 Jul 2017 07:45 Wib

Pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Subang Tahun 2017

Rencana Pemerintah Desa Subang Dalam Pengembangan Objek Wisata Cipanas

Tanggal : 29 Mar 2017 09:45 Wib

Pada hari minggu 19 maret 2017 telah dilaksanakan pengukuran untuk pembuatan jalan baru menuju objek wisata dan pemandian air panas oleh tim pelaksana kegiatan yang terdiri dari unsur pemerintah desa…

Wanpala Jilid 6. Expedisi Curug parakan Panjang Subang Kuningan

Tanggal : 27 Mar 2017 23:38 Wib

Parakan Panjang, begitulah warga desa Subang menamai objek wisata ini. Parakan panjang berupa air terjun setinggi kurang lebih 15 meter yang bentuknya berundak-undak. Memiliki kontur sungai yang datar tepat di…

Penyerahan SPPT/PBB Desa Subang Tahun 2017 Kepada Pemungut (KADUS)

Tanggal : 28 Feb 2017 13:19 Wib

Pada hari jum’at 24 februari 2017 Pemerintah Desa Subang telah menerima Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) untuk seluruh masyarakat Desa Subang Wajib pajak.

Sarana dan Prasarana Olah Raga Desa Subang

Tanggal : 19 Dec 2016 09:38 Wib

Kebutuhan masyarakat akan pentingnya olah raga kian meningkat seiring dengan anjuran-anjuran para pakar kesehatan.