Polling

Makanan Khas Desa Subang Yang Paling Anda Sukai?


Hasil

Statistik Pengunjung


Pengunjung Hari ini : 234
Pengunjung Bulan ini : 952
Total Pengunjung : 7794

Peta Desa


Produk Unggulan

Mata Air Cipanas Dan Legendanya


Objek wisata cipanas di Desa Subang Kuningan kini menjadi salah satu destinasi tujuan wisata yang mulai ngehits di seputaran kuningan. Hampir setiap akhir pekan, objek wisata ini ramai oleh pengunjung dari berbagai tempat. Ada yang datang hanya untuk sekedar berfoto dan berselfie ria, ada juga yang datang untuk ngaliwet bersama dan menikmati suasana alam yang asri, bahkan ada yang sampai datang dari jauh dan menginap untuk mengobati penyakit kulitnya.

Namun, tidak banyak yang tahu legenda awal mula terbentuknya cipanas ini. Dan kenapa khasiat air panas untuk mengobati penyakit kulit ini hanya berlaku untuk orang dari luar desa subang, sementara jika orang subang yang datang untuk berobat maka khasiat air panasnya ini sering tidak mempan..??? mari kita simak cerita salah satu juru kunci yang bernama pa suhada yang mengisahkan legenda tersebut.

Alkisah pada masa lalu di tempat yang kini menjadi cipanas sekarang, tinggal seorang empu pandai besi terkenal yang bernama Ki Ampuh Jaya. Beliau adalah pandai besi berilmu tinggi  Yang bisa membuat segala macam jenis perkakas dari besi, baja, dan bahan logam lainnya menjadi senjata yang sangat tajam, dan perkakas yang awet. Dengan ilmu dan keahliannya itu beliau menjadi terkenal ke seantero daerah subang dan sekitarnya.

Banyak orang yang datang ke tempatnya untuk meminta dibuatkan perkakas untuk bertani, berladang, dan bahkan untuk membela diri. Namun Ki Ampuh Jaya memberi syarat kepada orang yang ingin dibuatkan perkakas oleh dirinya, yaitu orang yang ingin dibuatkan perkakas harus membawa bahan (besi/Baja) sendiri. Lalu bahan yang dibawa tadi diletakan di atas batu dan dibungkus dengan secarik kain putih. Setelah itu, orang tersebut bisa mengambil barang yang sudah jadi keesokan paginya. Ki ampuh jaya bisa mengerjakan banyak perkakas dan selesai hanya dalam satu malam.

Kesaktian Ki Ampuh Jaya membuat perkakas tersebut sampailah kepada salah satu orang sakti dari desa subang. Lalu orang sakti tersebut ingin menguji kesaktian ki ampuh jaya dengan cara membuat semacam tipuan. Orang sakti tersebut meminta dibuatkan pedang dengan membawa sebongkah bahan yang sudah dipersiapkan oleh dirinya. Lalu dia meletakan bahan tersebut diatas batu dan ditutup dengan secarik kain putih. Setelah selesai dengan ritualnya si orang sakti tersebut berpamitan kepada ki Ampuh Jaya dan berjanji mengambilnya besok.

Namun, alangkah terkejutnya Ki Ampuh jaya, Ketika dia membuka helaian kain putih dan melihat bahan yang dibawa oleh orang sakti tersebut ternyata bukan besi dan bukan baja, melainkan hanyalah sebongkah rebung muda yang masih penuh tanah. Ki Ampuh Jaya murka bukan kepalang dan merasa dilecehkan. Lalu dia menancapkan rebung tersebut ke batuan yang ada di dinding sungai Citiis sampai batuan itu terbelah dan mengeluarkan air panas yang memancar deras. Lalu ki Ampuh Jaya bersumpah “ Barangsiapa orang yang ingin sembuh penyakit kulitnya basuhlah dengan air dari mata air panas ini, niscaya akan diberikan manfaatnya, terkecuali orang dari desa subang “. Hingga akhirnya mata air tersebut mengalir sampai sekarang.

Mungkin oleh sebab itu entah kebetulan atau tidak banyak orang dari luar subang yang sembuh berbagai penyakit kulitnya ketika berobat ke Cipanas subang ini. Namun jika Orang subang sendiri yang Menderita penyakit dan berobat ke Cipanas ini, banyak yang penyakitnya tidak sembuh (walaupun tidak semuanya).

Entah benar atau tidaknya legenda ini, semoga bisa kita ambil hikmahnya saja. Sekian.

Sumber : http://desasubangkuningan.com/?p=19


Share :